Kegiatan

Scuba Diving Education and Experience

Scuba Diving Education And Experience merupakan kegiatan yang diusung oleh FDC UNHAS kepada mereka yang penasaran ingin mengetahui serta terjun langsung dalam praktik dilapangan.  Latar belakang diadakannya Scuba Diving Education and Experience itu sendiri berangkat dari masih kurangnya minat masyarakat dalam bidang penyelaman sementara Makassar sendiri terkenal dengan gugusan spermondenya yang tersusun dari kurang lebih 119 pulau yang terbentang dari takalar hingga Pare-pare. FDC UNHAS mengadakan Scuba Diving Education and Experience ini untuk memperkenalkan dunia penyelaman kepada mahasiswa serta mengajak mereka untuk terjun dalam bidang ini.

Scuba Diving Education and Experience sendiri terbagi atas 2 item kegiatan yaitu FDC UNHAS Road to Campus dan Discovery Scuba Diving, dimana pada Kegiatan Road To Campus FDC UNHAS menggandeng Pecinta Alam Teknik (PANIK) Universitas Fajar untuk bekerjasama sebagai fasilitator FDC UNHAS dalam memperkenalkan Scuba Diving ke Mahasiswa khususnya mahasiswa Universitas Fajar

 

kegiatan ini diadakan pada tanggal 11 Oktober 2017 di Aula Universitas Fajar Lt. 3 dan berlangsung dengan lancar serta dihadiri oleh mahasiswa Makassar dan didominasi oleh mahasiswa Universitas Fajar sebagai tuan rumah acara.

Adi Muliadi selaku moderator talkshow Scuba Diving Education

Adanya Talkshow Scuba Diving Education bersama para narasumber yang berpangalaman dibidangnya dimana pembahasan mengenai Scuba Diving serta Safety Dive dibahas langsung bersama Al Furkan dan Muhammad Hamsir dan dipandu oleh Adi Muliadi selaku moderator. Setelah perkenalan Scuba Diving dan Safety Dive,

Pengenalan Scuba Diving oleh Muhammad Hamsir

dilanjutkan dengan pengenalan alat oleh Fadlhi Insani Ihsan, dimana pada sesi ini mahasiswa diperkenalkan hingga diajarkan cara menggunakan alat dasar maupun alat scuba

perkenalan alat dasar dan alat scuba kepada peserta yang dibawakan langsung oleh Fadhli Insani Ihsan

dan dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab yang sangat interaktif.

interaksi tanya jawab oleh salah satu peserta talkshow

 

Foto bersama FDC UNHAS dan Pecinta Alam Teknik (PANIK) UNIFA

 

Selain Scuba Diving Education, FDC UNHAS mengusungkan Scuba Diving Experience dengan agenda Discovery Scuba Diving yang ditujukan kepada mereka yang ingin merasakan langsung sensasi menyelam, dimana kegiatan ini diadakan selama 3 hari 2 malam di Pulau Barrang Lompo pada tanggal 13-15 Oktober 2017, kegiatan ini di ikuti oleh 11 Perserta dari beberapa Instansi seperti Universitas Fajar, Universitas Muslim Indonesia, Universitas Negeri Ujung Pandang, dan Universitas Hasanuddin.

Salah satu peserta Discovery Scuba Diving (Amartiwi Raihana, Universitas Hasanuddin)

Kegitan ini diawali dengan pengenalan alat scuba dan cara memasangya, dan dilanjutkan dengan pemanasan serta check dive pada sore hari. Check dive berjalan dengan lancar dan didampingi oleh Adi Muliadi, Fadhi Insani Ihsan dan Abdul Wahid Asdar pada saat dilapangan.

Salah satu peserta dari Universitas Fajar diajarkan cara memasang alat scuba langsung dilapangan oleh salah satu asisten pendamping (Afryan Maris)

Para peserta diajarkan tahap-tahap awal dalam melakukan penyelaman seperti cara mengayuh, mengatur napas dan lain halnya. Malam harinya dilanjutkan dengan evaluasi peserta mengenai kegiatan check dive bersaman para pendamping.

Pelatihan Scuba Diving di Pulau Barang Lompo

Hari berikutnya, peserta dibiasakan untuk menyesuaikan diri dalam perairan menggunakan alat scuba dan dilanjutkan dengan Fun Dive pada log terakhir dengan mengajak peserta melihat ekosistem terumbu karang dan biota laut yang ada serta mengunjungi kapal tenggelam yang berda di dekat dermaga lama Pulau.

Sesi Fun dive peserta

peserta diajak berkunjung ke kapal tenggelam disekitar dermaga lama pulau

Kegiatan ini sangat menarik bagi kalangan anak muda di Makassar, dilihat dari permintaan yang cukup banyak dan bisa mengembankan pariwisata bahari kedepannya. Minat yang sudah ada pada masyarakat terhadap dunia penyelaman seharusnya di fasilitasi dengan kegiatan-kegiatan yang memperkenalkan mereka secara langsung terhadap dunia penyelaman bukan hanya teori tetapi juga praktek langsung dilapagan. FDC UNHAS berharap dengan adanya kegitan ini bisa membantu menumbuhkan minat yang lebih besar lagi terhadap dunia penyelam itu sendiri dan secara tidak langsung dapat meningkatkan pariwisata bahari terkhususnya di Kota Makassar.

Waspada Dira Anuraga

011.XV.AB.153