Kegiatan

Pra Orientasi Laut Anggota Muda

Orientasi Laut merupakan kegiatan pemantauan kondisi tutupan ekosistem terumbu karang yang ditujukan khususnya kepada Anggota Muda Fisheries Diving Club Universitas Hasanuddin. kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui kondisi tutupan karang, kelimpahan ikan karang, megabenthos serta kondisi sosial ekonomi masyarakat beberapa pulau di kepulauan spermonde. Pra Orientasi Laut diadakan agar Anggota Muda bisa melihat langsung cara pengambilan data di lapangan, mulai dari pengambilan data kelimpahan karang, Ikan karang hingga megabenthos. Adapun anggota yang ikut dalam pelaksanaan Pra Orientasi Laut ini adalah :

  1. Syamsuddin Alif (011.XII.AM.178)
  2. Muh. Rezki Idhil Kharisma (011.XIII.AM.185)
  3. Monisa Tejaya (011.XIII.AM.184)
  4. Eka Aulia Junedi (011.XIII.AM)

Waktu pelaksanaan kegiatan Pra Orientasi Laut dilaksanakan pada tanggal 20-22 Juli 2017 di Pulau Barang Lompo. Sebelum terjun langsung ke lapangan, para Anggota muda diberikan bekal materi serta cara pengambilan data dengan metode yang digunakan pada setiap kategori. Pembagian tugas juga diberikan agar masing-masing anggota muda dapat fokus pada satu kategori, Misalnya Rezki Idhil Kharisma fokus pada pendataan kelimpahan ikan, Monisa Tejaya fokus pada pendataan kelimpahan megabenthos dan seterusnya. Pada hari pertama, para anggota muda beserta pendamping lapangan melakukan Check Dive untuk me refresh skill para anggota muda.


Setelah melakukan Check Dive, anggota muda melakukan simulasi lapangan untuk mengajarkan cara mengambil data yang benar sesuai metode yang digunakan pada masing-masing kategori. Pemberian materi dilakukan pada malam hari, mulai dari materi pengenalan ulang mengenai karang, jenis ikan karang yang masuk dalam pendataan, serta jenis-jenis megabenthos.

Check Dive yang dilakukan Anggota Muda untuk merefresh skill mereka sebelum turun pengambilan data

Simulasi darat pengambilan data

Pemberian materi mengenai Coral Life Form oleh Afryan Maris di Ruang Kelas Marine Station Universitas Hasanuddin, Pulau Barang Lompo.

Pada hari kedua, pengambilan data dilakukan di dua titik pada sebelah timur pulau dimana lokasi pemantauan 45O arah tenggara ┬▒ 125 m dari dermaga tua pada kedalaman 7m pada stasiun 1 dan 6 meter pada stasiun 2. Metode yang digunakan dalam pengambilan data karang yaitu Point Intercept transect (PIT), Metode Underwater Vicual Cencus (UVC) pada pengambilan data kelimpahan ikan karang, dan metode Reef Check Benthos (RCB) dala pendataan kelimpahan megabenthos dengan menggunakan transek 50m.

Pengambilan data karang oleh Eka Aulia Junedi menggunakan metode Point Intercept Transect (PIT), Pulau Barang Lompo.

Dengan mengikuti kegiatan ini Anggota Muda diharapkan bisa membuat database potensi biofisik setiap pulau sehingga  tersedianya data terkini tentang potensi dan status biofisik (terumbu karang, ikan karang, megabenthos) serta kondisi sosial ekonomi dari suatu pulau. Kegiatan ini juga merupakan sebagai salah satu syarat kelulusan orientasi laut untuk menyandang stastus Anggota Biasa Fisheries Diving Club Universitas Hasanuddin.

Waspada Dira Anuraga

(011.XV.AB.153)