Kegiatan

Orientasi Laut IV Anggota Muda FDC Unhas

 

– FOTO ANGGOTA ORIENTASI LAUT IV-

 Orientasi Laut merupakan kegiatan pemantauan kondisi perairan suatu pulau. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui kondisi tutupan karang, kelimpahan ikan karang, megabenthos, kondisi sosial ekonomi masyarakat dan data oseanografi. Orientasi Laut diadakan agar anggota muda dapat melihat langsung cara pengambilan data di lapangan dan meningkatkan skill selam ilmiah. Rangkaian kegiatan orientasi laut dimulai dengan pra orientasi laut, seminar proposal, dan pengambilan data.

Pra orientasi laut merupakan kegiatan yang diberikan kepada peserta orientasi laut berupa pemberian materi dan kegiatan simulasi. Pemberian materi dilakukan agar peserta orla dapat mengetahui teori dan cara pengambilan data. Adapun materi yang diberikan kepada peserta orla adalah metode pengambilan data karang yang dibawakan oleh kanda Rusman, metode pengambilan data ikan yang dibawakan oleh kanda Muhammad Iqbal, materi megabentos yang dibawakan oleh kanda Monisa Tejaya, Pengambilan data Oseanografi dan ArcGIS oleh kanda Candra Dwikusuma S.Pi dan metode pengambilan data sosial ekonomi yang dibawakan oleh kanda Muhammad Ashari.

-Pemberian Materi-

Setelah melakukan pemberian materi, para peserta orla kemudian melakukan simulasi pengambilan data yang dilaksanakan di Pulau Barrang Lompo selama 4 hari. Kegiatan simulasi ini berfungsi sebagai latihan awal dalam mengambil data ekosistem terumbu karang, sehingga pada saat pengambilan data yang sesungguhnya kesalahan-kesalahan teknis dapat dikurangi dan dapat diperbaiki sehingga data yang dihasilkan lebih baik.Simulasi pada pra orientasi laut terdiri dari dua, yaitu simulasi darat dan simulasi laut. Simulasi darat dilakukan dengan cara menggunakan alat peraga kartu berupa gambar ikan, karang, dan megabentos yang kemudian akan diidentifikasi oleh peserta orla sepanjang transek 50 meter. Kemudian simulasi laut dilakukan sebagai latihan pengambilan data seperti penarikan transek, pengambilan data ikan, karang, dan megabentos.

-Simulasi Darat-

 

-Simulasi Laut-

Setelah rangkaian pra simulasi orla dilaksanakan, kegiatan selanjutnya adalah seminar proposal. Seminar ini dilaksanakan pada hari selasa tamggal 20 Agustus 2019 yang bertempat di ruang rapat Departemen Perikanan, FIKP UNHAS. Seminar proposal ini dipresentasikan oleh peserta orla sebagai laporan awal mereka mengenai teknis pengambilan data yang akan dilakukan yaitu jenis dan metode pengambilan data yang kemudian akan dievaluasi oleh peserta seminar dan akan memberikan saran dan tanggapan mengenai teknis pengambilan data di lapangan.

Sebelum ke lapangan peserta orla telah dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu kelompok pendata karang, kelompok pendata ikan, kelompok pendata megabentos, kelompok pendata oseanografi dan kelompok pendata sosial ekonomi. Kelompok pendata karang adalah Mardia Sultan, Andi Desiah Pradilia, Edgar Viorel Pakiding, dan Ambo Tuwo. Sedangkan kelompok pendata ikan adalah Eka Safitri, Ahmad Aryanto Dodi, dan Ali Fathir Hasan. Kemudian kelompok pendata megabentos adalah Andi Desiah Pradilia, Ambo Tuwo, Edgar Viorel Pakiding, dan Ali Fathir Hasan. Untuk data oseanografi dilakukan oleh Ahmad Aryanto Dodi, Edgra Viorel Pakiding dan Ali Fathir Hasan, sedangkan untuk data sosial ekonomi disesuakan kepada kondisi dan peserta orla. Setelah rangakian kegiatan orla tersebut, peserta orla kemudian diberi waktu 2 minggu untuk pengerjaan laporan dan akan mempresentasikan hasil data yang diperoleh di FIKP Unhas.

 

-Seminar Proposal-

Peserta orla kemudian melakukan pengambilan data di pulau Bonetambung pada tanggal 22-25 Agustus yang didampingi oleh Ahmad Anshari selaku koordinator Divisi PPSDM, Muh. Chaidir Rezky sebagai pendamping orla dan Muh Rezki Idhil Kharisma sebagai dewan selam. Pengambilan data pada orla ini digunakan beberapametode, untuk pengambilan data karang digunakan dengan metode PIT (Poin Intercept Transect) dengan panjang pencatatan setiap 50cm sepanjang 50 meter dengan pencatatan lifeform karang, Kemudian untuk data ikan digunakan metode UVC (Underwater Visual Census) sejauh 50 meter dan diidentifikasi setiap spesies ikan dengan menggunakan kamera underwater. Untuk pengambilan data Megabentos digunakan metode Reef check sepanjang 50 meter transek dan data sosial ekonomi diperoleh dengan melakukan wawancara kepada masyarakat di sekitar pulau.

 

-Pengambilan data Sosial Ekonomi-

-Pengambilan Data-

Kegitan Orla ini berlangsung selama 4 hari, dimana hari pertama peserta orla melakukan survey lokasi pengambilan data disekitar pulau, setelah itu dilakukan evaluasi mengenai titik pengambilan data dan teknis pengambilan data di lapangan. Kemudian hari selanjutnya dilakukan pengambilan data, pendataan di  stasiun 1dilakukan pada pukul 09.00 Wita. Peserta orla yang bertugas di stasiun satu adalah oleh Edgar V Pakiding (data karang), Ali Fathir Hasan (data Ikan), Andi Desiah Pradilia (data Megabentos), Ahmad Aryanto Dodi (data oseanografi). Kemudian data sosial ekonomi didata oleh Mardia Sultan, Eka Safitri, dan Ambo Tuwo. Pengambilan data pada stasiun dua dilaksanakan pada pukul 14.00 Wita dengan anggota Mardia Sultan (karang), Eka Safitri (Ikan), Ambo Tuwo (Megabentos), Ali Fathir Hasan (data oseanografi). Pendamping pada pengambilan data stasiun 1 dan 2 adalah Ahmad Ansari.

Kemudian pada hari ketiga orla dilakukan pengambilan data pada stasiun 3 dan 4. Pada Stasiun 3, pengambilan data dilakukan pada pukul 09.00 oleh Andi Desiah Pradilia (karang), Ahmad Aryanto Dodi (Ikan), Ali Fathir Hasan (Megabentos) dan Edgar V Pakiding (data oseanografi) dan sisanya mengambil data sosial ekonomi. Stasiun 3 ini didampingi oleh Muh. Chaidir Rezky. Pada stasiun 4 pendataan ekosistem terumbu karang dilakukan pada pukul 14.00 dan didampingi oleh Muh. Rezki Idhil Kharisma, pendataan ini dilakukan oleh Ambo Tuwo (karang), Eka Safitri (Ikan), Edgar (Megabentos), dan Ahmad Aryanto Dodi (data oseanografi) peserta lainnya mengambil data sosial ekonomi. Setelah pengambilan data para peserta orla kemudian melakukan back up data di laptop,kemudian dilakukan evaluasi kegiatan oleh para pendamping. Setalah data yang diperoleh dioleh maka peserta dari Orientasi Laut IV akan melakukan seminar hasil orientasi laut untuk memaparkan hasil yang diperoleh.

 

 

 

-Mardia Sultan (011. XV. AM. 210)-