Artikel

Mandarin Fish: Si cantik yang pemalu

Source: Google

Indonesia merupakan negara maritim atau kepulauan terbesar di dunia, antara pulau satu dengan pulau yang lainnya dipisahkan oleh laut, tapi bukanlah menjadi penghalang bagi setiap suku bangsa di Indonesia untuk saling berhubungan dengan suku-suku di pulau lainnya. Terdiri dari sekitar 17.480 pulau, dengan luas daratan 2,1 juta km, luas perairan lautnya mencapai 7,9 juta km dan panjang pantainya. Oleh karena itu Indonesia seharusnya dan sepantasnya disebut sebagai Negara maritim bukan Negara agraris. Dengan cakupan yang demikian besar dan luas, tentu saja laut Indonesia mengandung keanekararagaman sumberdaya alam laut yang potensial, baik hayati dan non-hayati yang tentunya memberikan nilai yang luar biasa pada sumber daya alam seperti ikan, terumbu karang dengan kekayaan biologi yang bernilai ekonomi tinggi, dan wilayah wisata bahari. Selain terkenal dengan keindahan alamnya, ragam fauna eksotis juga menjadi daya tarik negara ini, salah satunya terdapat hewan yang cantik dan unik yaitu Mandarin Fish.

Mandarin Fish atau yang lebih di kenal Ikan Mandarin merupakan salah satu penghuni lautan yang sangat cantik dan indah warnanya. Mandarin Fish mengarungi lautan sejauh mungkin, dengan memancarkan corak cerah dan warna warni yang sangat menarik di bawah laut adapun corak dan warna motif yang di pancarkan oleh mandarin fish yaitu memiliki garis garis bergelombang, berwarna hijau, jingga, dan kuning, dengan warna biru yang menyelimuti sekujur tubuhnya. Oh iya  nama latin mandarin fish yaitu Synchiropus splendidus

 

Source: Google

Namun, sayangnya mandarin fish hidupnya suka bersembunyi diantara susunan terumbu karang yang penuh celah karena ikan ini sangat pemalu, biasanya mandarin fish keluar dari tempat persembunyiannya hanya pagi dan malam hari untuk mencari makan. Mandarin fish ini sedikit aneh dimana ikan ini memiliki kepala yang besar dan tertekan kebawah, dari mulutnya yang kecil dan mengarah kebawah menandakann ikan ini pemakan organisme dasar yang berukuran kecil dan ukuran panjang tubuh ikan ini sangat mungil hanya berkisar 6,5 cm. Proses perkawinannya pun tergolong sangat unik, betina dan jantan akan berenang berdampingan sambil masing-masing mengeluarkan sperma dan telurnya. Dan jika terdapat 2 jantan atau lebih maka sering terjadi bentrok terutama pada saat menjelang malam hari tepatnya pada saat memasuki waktu pemijahan.

Dikarenakan warnanya yang sangat menarik mandarin fish ini sudah banyak ditangkap oleh masyarakat. Maka dari itu mulai sekarang kita harus terus menjaga kelestarian mandarin fish agar tetap bisa dilihat oleh generasi selanjutnya.

 

Source :

Abdul Gani, 2012 Teknik pemeliharan larva mandarinfish diktorat jendral perikanan balai budidaya laut ambon.

https://id.wikipedia.org/wiki/Ikan_mandarin

Sumber :https://www.dunia-perairan.com/2017/08/ikan-mandarin-synchiropus-splendidus.html?m=1

 

_______________

*Penulis : Siti Aulia S.Mansyur (011.XVII.AB.183)

*Editor : Admin