Artikel

Diksar Anggota Muda XVI FDC UNHAS

 

Diksar anggota muda adalah kegiatan yang dilakukan tiap tahun oleh Fisheries Diving Club Universitas Hasanuddin yang merupakan tahapan akhir dalam proses penerimaan anggota muda setelah melalui beberapa tahap penerimaan yaitu ujian materi, ujian kolam, dan wawancara. Diksar anggota muda XVI ini dilaksanakan pada hari Jumat sampai Minggu pada tanggal 6-8 Desember 2019 yang bertempat di Pulau Langkadea, Kabupaten Pangkep. Kegiatan ini diikuti oleh 10 peserta antara lain :

 

  1. Makmur Abdul Khoir
  2. Nur Hikmah Rasyid
  3. Hikman
  4. Rislan Syam
  5. Nuriah Wulandari
  6. Munika Erpina
  7. Muhammad Hanifa
  8. Lorensia Puspita
  9. Zulfadli Muslim
  10. Muksan

Pada hari pertama diksar, peserta dilatih berenang di perairan terbuka sebagai persiapan untuk mengambil data pada esok harinya. Malam harinya para peserta diajarkan kembali untuk mengambil data kelimpahan dari Megabentos, Ikan Karang, dan Terumbu karang oleh kak Chaidir Rezky. Sebelum melaksanakan diksar peserta dibekali materi pengambilan ikan karang dibawakan oleh Ahmad Ansari pengambilan data Terumbu karang dibawakan oleh Mardia Sultan dan materi Megabentos oleh A.Artika.

Pemateri menjelaskan teknik dan cara-cara untuk mengambil data dengan benar, mulai dari bagaimana menarik transek, cara mengidentifikasi ikan, megabentos dan terumbu karang serta cara pengolahan hasil data yang diperoleh di lapangan. Adapun metode pengambilan data yang digunakan adalah menggunakan UVC atau (Underwater Vicual Cencus) untuk ikan karang dan megabentos dan metode PIT atau (Point Interscept Transect) untuk pengambilan data karang.

Pada hari kedua diksar, peserta mengambil data karang, ikan karang, dan megabentos. Dimana anggota diksar dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok satu dan dua. Kelompok satu terdiri atas .Makmur sebagai ketua kelompok mengambil data karang, Wulan dan Ima mengambil data  megabentos, Hikman sebagai transekmen sekaligus pendata ikan , begitupun Zul bertugas mengambil data ikan. Sedangkan Kelompok dua terdiri dari Rislan sebagai ketua kelompok yang bertugas mendata karang , Munika bertugas mengambil data megabentos, Lorensia bertugas mengambil data Ikan, dan Muksan bertugas sebagai transekman sekaligus mengambil data Megabentos.

 

Sebelum turun dilapangan, setiap kelompok melakukan survey awal untuk menentukan stasiun pengambilan data. Setelah stasiun pengambilan data ditetapkan, tiap kelompok melakukan simulasi sebelum turun untuk mengambil data, hal ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan saat mengambil data. Setelah dilakukan simulasi, para peserta mempersipkan diri  kemudian mengambil data di stasiun yang telah dipilih. Setelah mengambil data, kedua kelompok kemudian mengumpulkan data kemudian mengolah data yang diperoleh. Data yang diperoleh oleh kedua kelompok kemudian di presentasikan pada malam harinya.

Pada hari ketiga diksar, 10 peserta dikukuhkan, kegiatan pengukuhan tersebut dilakukan pada pukul 06.00 WITA dengan pembacaan surat keputusan nomor anggota yang dibacakan langsung oleh Ketua FDC UNHAS MIftahul Khoir.

Pembacaan Surat Keputusan

Munika Erpina

011.XVI.AM.218