Artikel

DIKSAR ANGGOTA MUDA XV FDC UNHAS

 

 

 

        Diksar anggota muda adalah kegiatan yang dilakukan tiap tahun oleh Fisheries Diving Club Universitas Hasanuddin yang merupakan tahapan akhir dalam proses penerimaan anggota muda setelah melalui beberapa tahap penerimaan yaitu ujian materi, kolam, dan wawancara. Diksar anggota muda XV ini dilaksanakan pada hari sabtu sampai senin pada tanggal 8-10 Desember 2018 yang bertempat di Pulau Podang-Podang Caddi, Kabupaten Pangkep. Kegiatan ini diikuti oleh 8 peserta antara lain :

  1. Ali Fathir Hasan
  2. Ambo Tuwo
  3. Andi Desiah Pradilia
  4. Dewi Rahmasari Afrilia
  5. Edgar V Pakiding
  6. Mardia Sultan
  7. Rahmat A. Dodi
  8. Nurhalizah HS

         Pada hari pertama diksar, peserta dilatih berenang di perairan terbuka sebagai persiapan untuk mengambil data pada esok harinya. Malam harinya para peserta diajarkan untuk mengambil data kelimpahan dari Megabentos, Ikan Karang, dan Terumbu karang. Dimana materi pengambilan data Ikan Karang dibawakan oleh Kak Fitra Jaya dan pengambilan data Terumbu karang dan megabetos dibawakan oleh kak Rusman. Kedua pemateri tersebut menjelaskan teknik dan cara-cara untuk mengambil data dengan benar, mulai dari bagaimana menarik transek, cara mengidentifikasi ikan, megabentos dan terumbu karang serta cara pengolahan hasil data yang diperoleh di lapangan. Adapun metode pengambilan data yang digunakan adalah menggunakan UVC atau Underwater Vicual Cencus untuk ikan karang dan megabentos dan metode PIT atau Point Interscept Transect untuk pengambilan data karang.

            Pada hari kedua diksar, agendanya yaitu peserta mengambil data karang, ikan karang, dan megabentos. Dimana anggota diksar dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok satu dan dua. Kelompok satu terdiri atas Rahmat A. Dodi sebagai ketua kelompok dan mengambil data ikan karang, Edgar V. Pakiding sebagai transekmen, Dewi Rahmasari Afrilia bertugas mengambil data megabentos, dan Mardia Sultan yang bertugas mengambil data karang. Sedangkan Kelompok dua terdiri dari Ambo Tuwo sebagai ketua dan transekmen, Ali Fathir Hasan bertugas mengambil data megabentos, Andi Desiah Pradilia bertugas mengambil data karang, dan St. Nurhalizha bertugas dalam mengambil data ikan karang.

            Sebelum turun dilapangan, setiap laki-laki dari kelompok melakukan survey awal untuk menentukan stasiun pengambilan data. Setelah stasiun pengambilan data ditetapkan, tiap kelompok melakukan simulasi sebelum turun untuk mengambil data, hal ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan saat mengambil data di laut. Setelah dilakukan simulasi, para peserta kemudian mempersipkan diri dan alat untuk kemudian mengambil data di stasiun yang telah dipilih. Kelompok satu lebih dulu mengambil data yaitu sekitar pukul 09.00 WITA di stasiun satu yaitu bagian timur pulau, kemudian kelompok dua mengambil data sekitar pukul 13.00 di stasiun dua yang terletak di bagian utara pulau.

            Setelah mengambil data, kedua kelompok kemudian memback up data kemudian mengolah data yang diperoleh. Data yang diperoleh oleh kedua kelompok kemudian di presentasikan pada malam harinya. Adapun hasil yang diperoleh pada dua kelompok yaitu menunjukkan bahwa kondisi dari karang di Pulau Podang-Podang Caddi masih dalam keadaan baik.

            Pada hari ketiga diksar, 8 peserta kemudian dikukuhkan, setelah melewati beberapa pos, kegiatan pengukuhan tersebut dilakukan pada puku 06.00 WITA dengan pembacaan surat keputusan nomor anggota, pemakain skin dan selayer oleh ketua FDC periode 2018-2019 yaitu kak Rezki Idhil Kharisma. Acara diksar angakatan XV diakhiri dengan foto-foto bersama dengan pengurus dan anggota dari FDC Unhas.

 

Penulis :

Mardia Sultan 

011.XV.AM.210